Orang Yang Makan Nangka, Kita Yang Kena Getahnya

AAA

Bersyukur lagi.

Ketika seorang teman di satu komunitas curhat, kalau dia baru saja didenda 4.6juta gara-gara ada yang mengadukan kalau listrik di tempatnya ada sambungan illegal. Padahal menurut pengakuannya, sejak menyewa tempat itu selama 3 tahun ini, dia tidak tahu menahu tentang adanya kabel yang tersambung langsung. Untuk gudang pula, yang listriknya cuma lampu doang!

Teringat saya tahun lalu, ketika sempat dicurigai mengganti MCB agar listrik di tempat yang sekarang bisa ‘ngangkat’ dengan daya pas-pasan. Beruntungnya, saat itu saya eyel-eyelan, adu argumentasi, pamungkasnya : “gila aja saya manggil PLN kalau memang saya main-main dengan listrik di sini. Pakai logika dong, pak!” Dan mungkin saja, petugas yang datang itu juga sudah gerah, ribut sama emak-emak dengan suara yang membahana sampai kemana-mana.

Ya! Waktu itu memang sempat – entah digertak entah betulan – tapi bolak balik petugas bilang MCB itu sudah rusak. Dan saya tetap pada argumen bahwa, saya baru menyewa selama 6 bulan, dan baik-baik saja. Saya juga yang melapor ke PLN ada apa dengan listrik saya kok belakangan sering turun seperti kekurangan daya.

Akhirnya MCB diganti dan petugas tidak menindaklanjuti kecurigaannya. Saya sih sudah tidak karuan rasanya, tidak mampu membayangkan jika harus membayar denda :(

Sekali lagi, mau mengingatkan siapapun yang menyewa rumah atau tempat usaha, luangkanlah waktu memanggil petugas PLN, memastikan tak ada jalur illegal di rumah/gedung yang kita pakai, agar apa yang dialami salah satu teman itu tidak terjadi pada kita.

18 Comments

  1. sama…..dirumah aku skr juga instalasi listriknya separoh mati :( sempat manggil PLN dan minta dibenerin tapi gak bisa. kalopun bisa mesti buat instalasi baru dan biayanya jutaan. secara ini rumah rental dan biaya rent-nya juga gede banget kita yah males benerin huhu

  2. Tulisan ini pasti sangat berguna bagi teman-teman yang masih sering pindah-pindah (termasuk saya juga).
    Benar juga, seperti kata pak Neck sebaiknya sebelum kita masuk ke dalam rumah yang baru perlu kita minta supaya di cek oleh petugas PLN… :)
    ded recently posted… » KAUS KAKI

    • dan jangan lupa minta bukti tertulis Uda, jangan cuma lisan saja, karena petugas2 yg ngecek itu kan dari outsourcing semua, yg sewaktu2 bisa brenti.

  3. Mba, saya gak maksud dengan jalur ilegar itu. Hehehehe

    Dendanya koq banyak, ya? Emang dayanya berapa tuh, Mba?
    Met menjalakan ibadah puasa ramadhan ya, Mba. . .
    Idah Ceris recently posted… » Cara Pasang Iklan di Facebook

    • itu cuma daya 2200 lho denda segitu. gak bisa mbayangin kan klo dayanya 7700 kayak saya ini. seremmmm …

      met puasa juga ya Idah, semoga sampai tuntas dan mendapat keberkahan, aamiin

    • masih murah tu om. klo daya gede bisa sampai ga mampi bayar dendanya. untuk warnet banyak jg yg tutup gara2 ga mampu bayar denda.

  4. sampai segitunya ya mbak? ngeri juga.
    saya kan termasuk klub kontraktor. kao kejadian gini, dibayar pakai apa…. coba.
    TFS ya….

    • walo prabayar, tapi klo pas dicek ada.kabel yg tersambung illegal ttp kena mas
      padahal, namanya kita nyewa kan.ga cek2 juga apalagi instalasi dalamnya
      makanya ini jadi pelajaran yg berarti banget.

  5. Nyaris kejadian di tempatku gara-gara segel yang tak terpasang sejak awal …
    Iksa recently posted… » Di Timur Matahari ..

  6. Mesti hati-hati ya…
    Kadang ada pegawai PLN gadungan, saya pernah ketemu orang seperti ini, jadi dilingkungan saya, hanya pak Aweng yang diterima masuk ke halaman rumah warga.

    Pernah, entah saya agak “hang” saya membuka pintu pagar…begitu orang yang mengaku pegawai PLN tadi masuk langsung mencerocos nggak karuwan…saya bentak, dan saya minta surat tugas dari PLN…ternyata nggak bawa…ehh dari rumah saya dia langsung kabur. Saya telepon PLN, malah disuruh hati-hati…dan jangan menerima sembarang orang.
    Enny recently posted… » Istirahat sejenak

  7. wah…. sampai sebelum baca tulisan nique….gw ga pernah terpikirkan utk cek listriknya dulu….hahahahahaha. Good point banget….. thanks udah buat tulisan ini karena gw yakin banyak orang ga seperti elo bu….
    Necky recently posted… » No Ongkir Itu …Menarik Lho

  8. Emg payah kalo org mo cari duit mah! Ada aja oknum! Gak polisi, gak pln, gak bank, gak pajak! Bhahaha, sabar niq … ;-)
    eksak * recently posted… » Bacaan Pengantar

  9. Hmm…, ini akan jadi salah satu catatan saya kalau mau menyewa sebuah gedung dalam jangka panjang. Meski belum tahu juga kapan bakalan nyewa bangunan/gedung :).

  10. Makasih sharingnya. Harus lebih hati-hati lagi kalau nyewa tempat ya

  11. pernah diajari nyolong listrik ma tetangga dulu bukan di Jogja, terus kalo mendekati didatangi untuk dicatat dinormalkan… yah, peringatan bagus buat calon kontraktor… eh, yang ngontrak rumah :)
    Ami recently posted… » Program akselerasi di SMA

  12. Terima kasih sudah diingatkan mbak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

CommentLuv badge

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 33 other subscribers

Recent Posts

No thumbnail available

Kampung Koruptor

April 10th, 2014

Di Medan sana, ada sebuah kampung namanya SUNGGAL. Sahibul hikayat, ini cerita dari bapa saya bahwa ...

No thumbnail available

Takut Tekor

March 26th, 2014

Setelah seminggu ini tenang-tenang memantau pegawai yang baru dikirim dari kampung, tiba-tiba tadi m...

Tips Bagi Penjual On-Line

Tips Bagi Penjual On-Line

March 19th, 2014

Keponakanku Attar akan 40 hari tanggal 21 Maret nanti. Biasa deh, ada acara 40 hari, gunting rambut ...

Daftar Donatur Untuk Pelatihan Kreasi Flannel @Sinabung, Tanah Karo

Daftar Donatur Untuk Pelatihan Kreasi Flannel @Sinabung, Tanah Karo

March 4th, 2014

Melanjutkan tulisan tentang rencana memberikan pelatihan padat karya pada saudara-saudara kita yang ...

Akhir Pekan Bersama Egi dan Adek Attar

Akhir Pekan Bersama Egi dan Adek Attar

March 3rd, 2014

Sudah lama ya tidak ada cerita tentang permen cantikku. Padahal ada aja sih ulahnya yang bikin haru ...

Categories

%d bloggers like this: