Tentang Bubur Ayam

AAA

Bubur Ayam BERASBULU (Lokasi : BALE JAJE AME, Catur Warga, Mataram)

Jauh-jauh ke Lombok, apakah saya mencari BUBUR AYAM? MIE AYAM? Hehehe … tentu saja dong! Hanya saja, saya tidak mencicipi mie ayam, karena kok semua yang kami temukan judulnya MIE AYAM JAKARTA … aissshh .. males deh ah. ‘Kan maunya njajal mie ayam khas Lombok gitu hehehe …

Untungnya, kecewa tak ketemu mie ayam, terobati karena menemukan penjual BUBUR AYAM yang penampakannya pun sudah jelas beda banget dengan bubur ayam yang biasa saya santap di Jakarta.

Bubur Ayam Jakarta (Lokasi : depan ruko ?, Sunter, Jakarta Utara)

Buryamnya rame yah? :D Rasanya? Jangan tanya deh. Maknyus! Sambelnya? Mantaffff!!! Kerupuk? Royal deh. Satenya? Lengkap. Penjual buryam ini mangkal sejak jam 4 sore sampai habis. Yang makan di sini rata-rata esmud sampai cukong-cukong. Mobil-mobil bermacam jenis berjejer rapi di pinggir jalan menanti tuan dan nyonya menyantap buryam di bangku-bangku panjang yang disediakan si penjual buryam. Tak kalah banyak pengguna sepeda motor, pokoknya mah, petugas parkirnya ikut panen. Jika tidak kebagian duduk, ya silahkan lesehan sendiri di pelataran ruko yang pagi sampai sore dijadikan kantor. Yang saya saya suka dari buryam ini adalah, mau diaduk kayak gimanapun, buburnya tidak mencair. Ada juga tuh buryam yang saya sering beli kalau pagi hari, sangat tidak disarankan mengaduk-aduk, kecuali memang mau buburnya jadi encer hehehe

Eh, back to the topic! Kok saya malah mbahas buryam yang di Jakarta sih? Hehehe …

Buryam yang saya temukan di Mataram itu, terbuat dari Beras Bulu. Entah apa istimewanya sampai kata BERAS BULU dicantumkan sebagai judul yang dituliskan di etalase penjual buryam ini. BALE JAJE AME, BERAS BULU, begitulah yang tertulis di neonbox yang dipanteng di depan ruko. Setelah saya tanya-tanya, rupanya selain buryam itu, banyak juga jajanan yang dibuat dari BERAS BULU.

Buryamnya sendiri sih tidak terlalu istimewa, buburnya pun sederhana sekali. Tak banyak pernak perniknya seperti buryam yang gambarnya di bawah itu. Bubur thok, ditabur daging sedikit, dikasih kecap. Tidak ada kerupuk, tidak ada sambel. Tidak ada sate. Menderitalah pokoknya :D Untung saja, walau penampakannya sempat gimana gitu rasanya, begitu mencicipi, ya enak juga. Akan lebih enak kalau ada sambel itu tadi. Yang akhirnya saya akali dengan membeli tahu isi, ‘kan dapat cabe rawit tuh, nah cabe rawitnya dibejek-bejek terus masukin ke buryamnya deh. Mantossss…! Keliling Mataram hari itu, cuma menemukan 1 penjual buryam ini. Iyalah, wong saya belum hapal jalan-jalan di Mataram ‘kan :D

Sebetulnya waktu di Bali, kami pun ingin mencicipi buryam asli Bali.  Tapi yang ada buryam Jakarta :D Kami jajal juga sih, sayangnya saya lupa mengambil fotonya. Soal rasa? Tetap lebih enak buryam yang di Jakarta tentu saja :D Padahal, buryam yang di dekat Kuta itu, 24jam jualannya, yang beli pun selalu ramai, dan bikin saya mikir, kalau buryam yang di Sunter buka cabang di sana, pasti lebih laku lagi nih hehehe *otak jualannya gak bisa diem*.

Bulan depan kami mau mudik, mau hunting buryam juga ah di Medan, atau ada yang pernah ke Medan dan menemukan buryam yang enak? Mau dong infonya :D

 

56 Comments

  1. di pontianak juga ada bubur yang enak banget mbak.. jualannya cuma pas pagi.. bubur hijas namanya.. ada juga bubur tulang.. aaahh makyos.deh pokoknya..
    niee recently posted… » IN TIME

    • bubur tulang itu mirip bubur ceker gak ya? suka saya :D

    • waahh klo ceker aku belum pernah lihat mbak.. pokoknya banyak tulang besar2 gitu deh.. hihihi
      niee recently posted… » IN TIME

    • di bekasi aku pernah makan bubur ceker, isinya bubur + ceker. jadi gurih gitu. hehehe …

  2. wah, kalau main ke sunter deketan dgn tempatnya Nik, bisa dunk ya makan buryam yg menggugah sukma seperti gambar diatas… :P
    ( jadi ngences deh … ) :D
    salam
    bunda lily recently posted… » Doaku

    • emang kapan mo ke arah sunter bun?

    • klo mo nyoba k sini atuh lah :D

  3. Gak bisa kasih informasi Ni, belum pernah ke Medan :D
    die recently posted… » Generasi Galau

    • jalan2 dong, mosok di Kalimantan terus :D

    • ya beras juga, cuma jenisnya beras bulu
      seperti beras cianjur dan lain2 itu lah

  4. NiQue, saya penggemar berat bubur ayam…dan sumpah, pas lihat penampakan bubur ayam disini, saya bener-bener bete karena pengen :(
    Di Medan mah jangan beli bubur ayam niQue, sarapan disana itu soto ayam ‘Sinar Pagi’ atau lontong sayur or pecal ‘Kak Lin’…nah, kalo nasi goreng, yang jualan di samping hotel Novotel itu recommended naget deh…uenak tenan :D
    bintangtimur recently posted… » Uang Baru

    • iya mbak, udah tak citet, jadi ntar pas ke Medan disempatin mampir deh :D

      gpp nyari buryam di medan, agar bisa membandingkan apakah buryam jakarta masih lebih mantos? Hehehhe

  5. namanya berburu makan enak, jauh jauh juga ga masalah
    yang jadi masalah kalo di tempat tujuan malah ga dapet apa-apa
    seperti waktu aku ke tegal karena pengen makan di warteg yang asli
    eh malah ga ada warteg disana…
    rawins recently posted… » Pelatihanphobia

    • ah?? Yang bener gak ada warteg di tegal????
      kecewa dong
      padahal kata temnku yg asli tegal, ada kok warteg di sana. apa karena blom tau lokasinya ya?

    • ok, nanti tak cantumin yak

  6. kok bubur ayamnya mirip bubur ayam di jakarta…. mungkin yang buat orang jakarta dengan cita rasa di lombok.. ya itu pedes..
    applausr recently posted… » Ulang Tahun lagi…..

    • oya? mosok mirip? klo yg bawah emang buryam jakarta hehehe

  7. Sing ning Bali atau di NTB itu bukan Buryam Ni…
    Itu BurKun…
    Bubur Kalkun !!!
    marsudiyanto recently posted… » Buku Wasiat

    • bubur kalkun??? kok ngerti? tapi aku liatnya ayam og pak … dudu kalkun :D

  8. suka buryaaam … jadi laper mah kalo gini ini :p
    Fenty recently posted… » Fair

    • mari sini saya traktir buryam :D

  9. Iya di lombok memang tidak punya makanan khas seperti mie ayam, saya jg mengenal mie ayam ketika di Jawa. Yang pasti masakan khas Lombok itu bumbunya super pedas dan org lombok tidak suka mencampur kecap, gula ataupun yg manis-manis pada masakannya. Kalo ada masakan Lombok yg manis, itu sudah “terkontaminasi” racikan Jawa….
    Lalu Abdul Aziz Mhd recently posted… » Gosok Gigi dengan Jari Ternyata Banyak Manfaatnya Loh…

    • masak sih? Selama di sana, saya malah kesulitan menemukan sambal lho. bahkan kalau minta saos, yang dikasih ya saos kecap?! Sampai2 kami membeli saos cabe sendiri :D KECUALI ayam taliwang yang sambelnya memang pedas, masakan yang lain cenderung manis. itu berarti kami membeli makanan yang penjualnya orang Jawa atau minimal belajarnya sama orang Jawa yah.

    • penggemar buryam juga ya? :)

    • ih adi aku dahkam, sarapan, suari, karaben … katawari pe sor adi buryam ena … eh akhir bulan 5 ku kuta kami, lit kang jena bubur ayam :D

  10. nyam-nyam…. klo aku lebih suka buryam yg kuahnya kuning dan…tanpa sambel tentunya! haha… kebalikan kita ya? :)
    mechta recently posted… » Emosi jiwa…

    • wah? Gak suka pedes ya mbak? padahal kan enak xixixi

  11. Ada bubur ayam enak di depan sekolah Fauzan, kesini yuk Tante .. :D

    bubur ayam mataram isinya simpel ya ..
    dey recently posted… » Untukmu Nak …

    • ihhh Bu Dey, maulahhh … ntar ya klo jadi ke Parongpong makan buryam di sana

      ho oh simpel banget :)

    • lebih nendang yang buryamnya rame isinya ya mbak :D di Galaxy situ kan banyak buryam yak :D
      terus dulu di depan BCP tuh, yg pake bumbu kuning … :D

    • jarang kok saya nemu yang gak suka buryam hehehe …
      tapi klo mbikin sendiri, gak pernah mau :D

  12. wuich..sadaf nian.
    Saya juga penggemar bubur ayam lho.
    Dulu suka beli bubur ayam yang mangkal di Monas.
    Salam sayank selalu
    Pakde Cholik recently posted… » SMS of the Week

    • dulu, waktu Monas blom serapi sekarang, saya juga sering tuh Dhe, makan buryam di sana, tapi sekarang sih paling jauh ya di Sabang aja. Enak juga, cuma mahal :( kalau yg di sunter itu, murah dan enak hehehe

      salam sayang juga Dhe

  13. Jujur aza mbak, kalo namanya bubur, gue paling gak suka! imet yg gue ambil waktu masih kecil dulu pas lagi sakit dikasih makan bubur. jd rasanya kalo makan bubur artinya org lagi sakit. kayak di rumah sakit itu lho.. akhirnya sampai sekarang, gue gak doyan bubur. maklumlah orang udik mbak!
    Bung Penho recently posted… » Mohon Bantuan Para Blogger

    • hahaha dulu juga sempat gitu sih. asal liat bubur pasti ingetnya orang sakit.
      Tapi kan klo bubur untuk orang sakit cuma bubur putih gitu aja, gak ada pernak perniknya.
      jadi ketika di jakarta ketemu bubur kampung yang rame isinya gitu, jadi doyan sampai sekarang hehehe …
      walau harus ekstra hati2 sama sate jeroannya itu lho :D

    • ho oh … klo di Pontianak pasti ada buryam yang enak ya Hani? Secara kan di sana banyak etnis Cina hehehe

    • hihihi … emang klo gak doyan ya cepet eneg sih :P

  14. walah makan bubur ayam tanpa sambel, mana enak ya Nique..

    *yang mau mudik ke medan.. siap-siap..!
    LJ recently posted… » Nilam Sari: Sudah Seminggu

    • itu dia Mak, inilah enaknya bersuami yang serba nrimo
      pas tau gak ada sambelnya, yang tadinya niat dihabiskan berdua, saya pun melakukan kecurangan dengan pura2 lupa soal perjanjian itu.
      tapi pas suapan terakhir baru agak2 merajok dikit hahaha
      padahal mah seneng dihabisin suami kekekek …

    • gak berani janji mbak. itu kan GEROBAK. emang bisa? Hahahahaha ….
      tapi aku liat sih dia bersih kok nyuci mangkoknya.
      hihihi

  15. wow wow wow….enaknya gambar bubur-bubur di atas itu. enaknya jalan2. saya dari pekan lalu mendambakan makan buryam di depan pantai losari tapi tak selalu kesampaian…. rindu sama buburayam n gerobaknya, eh.. :D
    Hima recently posted… » Gantungan Hen na Kumo no Ame dan Love Hanger

    • wah? di Makassar ada bubur? Seperti apa penampakannya ya? Sampai hari ini saya belum klik nih sama makanan makassar, eh ada ding es palubutung hehehe … tapi yang lainnya mesti kenalan lebih sering biar akrab sebelum menjejakkan kaki di Makassar hehehe

    • enak-enak mbak makanan makassar. paling enak di lidah itu palubasa sama coto makassar (karena sy suka makanan berkuah dan berbumbu begitu sih). kalo buburnya uenaaakkk apalagi penjual bubur langgananku :D
      Hima recently posted… » Dulu, Adikku dan Karnaval di Hari Kartini

    • saya catetlah, kalau sampai satu hari bisa ke Makassar, akan dicicipi. eh tapi mau nyicipin yang di kelapa gading dulu ding, itu aja blom kesampaian hehehe

  16. Haiyyah…jam segini ngomongin bubur..
    Lapeerrr..!!

    Eh NAnti kalo ke BAndung,..
    Makan bubur Mang Oyo..
    Enak loh, yummy..*kataku*

    #tambah dangdutan nih perut..
    Nchie Hanie recently posted… » Penikmat Musik

    • udah pernah icipin bubur mang oyo tp di lidah saya msh lbh enak bubur grrobakan yg di sunter itu mbak hehe mungkin karena ada faktor J hahaha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

CommentLuv badge

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 32 other subscribers

Recent Posts

No thumbnail available

Aku Rapopo

June 9th, 2014

Dulu, ketika belum menikah saya masih senang dandan. Tak jarang full make up untuk momen yang tidak ...

No thumbnail available

Melarang Atau Membiarkan?

June 8th, 2014

Sudah hampir 2 bulan ada tugas rutin antar abang Reza dan adek Egi latihan renang. Jadi mulai deh me...

No thumbnail available

PLN Lagi

May 13th, 2014

Naiknya TDL membuat kami putar otak, bagaimana caranya agar masak nasi bisa menggunakan listrik deng...

No thumbnail available

Move On

May 12th, 2014

Kemarin 2 sahabatku datang berkunjung. Kebetulan suami sedang ada acara di Central Park sana, jadi k...

No thumbnail available

Antisipasi dan Berserah!

May 8th, 2014

Selama lima tahun punya usaha, kami piker kami seringkali menghadapi karyawan yang ulahnya sudah min...

Categories

%d bloggers like this: