Tongseng Sate Solo Pak Min

AAA

source : http://gourmetpigs.blogspot.com

Siapa suka tongseng? Saya! *ngacung* Hehehe tanya sendiri, jawab sendiri. Foto di atas terpaksa saya ambil dari tempat lain, padahal mah tadi siang baru makan tongseng. Saya ingat mengambil gambar penjualnya dan spanduk yang terpampang menutupi orang yang sedang makan di dalam, tetapi kok malah lupa mengambil gambar tongseng yang dihidangkan. Terlalu lapar sepertinya hehehe

Tongseng Sate Solo Pak Min

Selama ini, setiap melihat spanduk itu bertambah di setiap bagian daerah ini, saya berpikir begini, “wah, hebat Pak Min makin banyak cabangnya. Keren ih. Maju sekali niy usahanya. Ini franchise atau bagaimana ya? Atau jangan-jangan Pak Min yang buka sendiri di sana sini. Ckckck… jadi pengen tahu rahasianya deh.” Sampai saya menemukan fakta berikut dari orang yang sangat berkompeten.

Sedang meracik tongseng pesanan saya

“Mbak, kok layani sendiri? Biasane wong lanang sing masak toh?” sok akrab niy ceritanya. Padahal yang saya lihat orang laki yang masak itu di penjual tongseng tempat lain, sama-sama merk PAK MIN itu.

“Nggih mbak, nek siang kulo. Klo malam, baru suami saya. Tapi yang beli lain-lain og mbak, kadang bilang enakan racikan saya, ada juga yang lebih suka racikan suami saya.”

“oh ngono toh mbak. Saya sih blom pernah icipin tongseng sini. Tapi mesti rasane podo ae toh karo sing liyane?” sambil saya nyebut 2 lokasi lainnya yang sudah pernah saya jajal rasanya.

“soal rasa ya masing-masing mbak. gak mesti sama.”

“Loh? Kok bisa mbak? Mestine podo ae to? Wong resepe podo-podo karo Pak Min? Atau bukan?” rasa penasaran saya mulai naik levelnya.

“Resep masing-masing mbak.”

“Lah? Urusannya sama Pak Min, apa dong mbak? Saudaranya? Atau mbeli ijin dari Pak Min? Atau dikasih modal sama Pak Min?” gak sopan kan saya terus bertanya seperti ini hehehe

“Urusannya gak ada mbak sama Pak Min. Cuma orang sekampung aja. Tapi kalau dari orang kampung sebelah gak boleh pakai nama Pak Min.”

“Loh? Kok gitu? Emangnya waktu mau buka, mbak minta ijin sama Pak Min, pinjam nama gitu? Terus rutin mbayar piro ngono ke Pak Min?”

“Ora mbak, ini murni usaha saya sama suami. Gak ada setoran ke Pak Min. Kabeh yo ngono mbak. Tapi sing neng Sungai Bambu kuwi, adikku mbak.”

“Hlaaa? Terus nek usahane Pak Min sing asli, neng endi mbak?” di titik ini saya merasa sudah dibodohi :D

“Nek Pak Min bukanya di Selatan Mbak. Ada 5 opo 6 kios ngono, mbuh. Tapi yang jualan juga anak buahnya, kalau Pak Min sih udah tinggal terima setoran aja.”

“Terus, kok mbak yakin kalau Pak Min gak apa-apa kalau mbak pinjam namanya seperti ini?”

“Wong dia gak tau juga sih mbak. Wong saya juga belum pernah tau Pak Min itu kayak apa.”

GUBRAK!!! Ini bagaimana ceritanya ya? Jadilah saya cerita, kalau seperti KFC misalnya, kalau orang mau buka dengan nama KFC ya harus ada ijinnya, gak bisa sembarangan. Mestinya, kalau nama Pak Min dipakai, setidaknya orangnya harus tau, agar orang-orang tidak terkecoh. Termasuk saya ini, mengira selama ini tongseng yang saya makan ini, resep turun temurun dari Pak Min. Kira-kira apa ya reaksi Pak Min jika mengetahui hal ini? Satu hari nanti, ingin juga sih saya berwisata kuliner ke tempat Tongseng Sate Solo Pak Min. Dan membandingkan rasanya, samakah, atau lebih enak, atau malah gak enak sama sekali? Hehehehe …

Sohiblogger, pernah mencicipi tongseng sate solo Pak Min belum? Di daerah mana? Jangan-jangan yang aslinya ya, bagi dong infonya!

36 Comments

  1. aku mah gak pernah makan tongseng.. hehehehe..
    niee recently posted… » 9 HARI

  2. belum pernah, tapi wkt kecil sih sering makan tongseng yg lewat depan rumah. dah lama bangeet…
    fanny recently posted… » TIDAK ADA BAD DAY

  3. Hingga saat ini…Tongseng yang yang paling cocok rasanya ada di lokasi Sebelah stasiun Pondok Ranji. Sebelum saya mengenal lokasi ini, lokasi di masjid sunda kelapa menjadi salah satu favorit.
    Tapi jujur…saya ga peduli merk Pak Min, Pak Hadi, Pak Jono, atau bapak2 yg lainnya….karena bagi saya usaha ini sangat berbeda dengan makanan cepat saji kayak McD or KFC. Kalau tongseng, meskipun bumbu sama tapi dalam meracik bumbu dan memasaknya tetap ga bisa sama rasa. So…hidup tongseng…..
    Necky recently posted… » Indahnya Teknologi

  4. tongseng….
    paling enak klo satenya dibakar dlu baru dimasak mb….
    lebih maknyoss…hehehhe
    irmarahadian recently posted… » Ini Cekerku…

  5. Pak Min ada di karawaci tangerang juga.. malah sampai ada dua… dan ramai. jadi kepikiran makan tongseng nih..
    applausr recently posted… » Korupsi

  6. di daerah karawaci ada dua pak min nih.. saya pernah cobain.. rame banget..
    applausr recently posted… » Korupsi

  7. Belom pernah nyoba kalo tongseng malahan, Mbak.

    Nama Pak Min kalau di kampung saya Klaten, yang terkenal adalah sop ayamnya. Saya denger sudah buka cabang di Meruya. Pengen nyobain.

    Kalo tongseng, saya agak2 kapok. Kemaren tepar 5 hari tekanan darah naik dan migren, setelah makan tongseng kambing. Kasihan dedek dalam perutku. :cry:
    isnuansa recently posted… » Mengorbankan Gravatar Demi Bisa Berkomentar

    • saya klo makan tongseng pasti tongseng AYAM, yang daging kambing jatah suami saja :)

  8. Tongseng Pak Satim pernah, tapi kalau pak Salim belum heee…saya suka tongseng, tapi memang begitu mbak..kalau satu aja yang terkenal, sebebasnya menggunakan nama yang sama, tapi kalau kena perusahaan gede pasti lain ceritanya mbak yach
    Budi Arnaya recently posted… » Tikus Oh Tikus

  9. Hehe… suka begitu ya dimana-mana :) Tapi aku belum pernah makan Tongseng Soto Pak Min, di Palembang belum pernah lihat :(
    Yunda Hamasah recently posted… » Kelakar Betok

  10. Disini ada penjual yang menggunakan nama cak Min, tapi bakso.

  11. hahaha.. keingetan jaman dulu juga pas beli di bebek pak slamet, nanya yang jual bukan pak slamet.. cuman buka cabang aja.

    yang penting maaah sama-sama enaak aja :D

  12. waduh, masalah lisensi ini yang repot. Apalagi kalau label nama asli seperti Pak Min,… ada berapa pak Min yang jual tongseng disana? Sama halnya kalau nama perusahaan yang sama, ngga ada larangan. Yang bedain makanan cuma rasa, dan senyum saya yang indah #eh :P
    Kaget recently posted… » Spiderman, Nyawa Tanpa Harga

    • ada banyak, gak keitung :D

  13. Wah! Mbak niq selalu kuliner! Buat makan siang enak gak ya, mbak! Ane ke stasiun pasar minggu, ahh…

    • masak gak ngerti? itu kan bahasa campur2 :D

  14. pernah denger tapi dimana ya lupa mbak, tapi aku gak terlalu suka tongseng kambing

  15. Aku ra ngerti nak sing tongseng.
    Aku ngertine Soto Pak Min Klaten… hehehe~
    Tapi emang gitu kan,
    kalo ada yang terkenal satu, trus ikut-ikutan pake namanya.
    Una recently posted… » Spacemaker untuk Traveler

  16. aduuuhh… pagi2 udah posting artikel yang bikin air liurku menetes bak hujan rintik2, walaupun sebenarnya baru hari ini gue denger nama masakannya hehehe.. biasalah orang kampung mbak.
    cuman tau di soto, gak tau di merk sotonya..hihihii..
    Bung Penho recently posted… » Link Exchange

    • gpp jdi orang kampung juga, yg penting gak susah makan kan? :P

  17. hebat ya Pak Min, namanya bisa kemana-mana dan dipakai siapa saja. Bahkan kalo ndak salah di Malang juga ada nama Pak Min, tapi saya lupa itu soto ato sate.
    Ngomongin tongsengan, saya paling seneng tapi saat ini harus mengurangi makanan berlemak, soale lemak dalam tubuh sudah mulai berlebihan
    Djangkies recently posted… » dari Kaskuser ke Blogger

    • kami juga jarang kok Pak, tahun ini baru kemarin makan tongseng lagi. amanlah klo per 3bulan ya kan hehehe

  18. hehehe…. I’ll tell you a secret!
    Aku tuh jarang makan nasi-nasian kalo di luaran.. Menurutku nasi itu makan di rumah, jadi kalau di resto itu ya yang ngga ada di rumah :D
    Jadi….. aku ngga ngerti masakan tongseng itu apa bedanya dengan soto? hahaha
    Ikkyu_san recently posted… » Bestest Day

    • mirip soto gak itu ya hmm … bingung juga, tapi karena itu pake santen, dan mo dimirip2in ke soto yaaa mirip soto medan wlo rasa jauhhh bedanya. sama rasa soto betawi yang juga pake santen pun beda hehehe … dan klo makan itu tanpa nasi yaaa jadi aneh hihihii

  19. pak min itu singkatan dari…pak minjem nama yaaa…
    hehe..gubrak ya kak. itulah, orang indonesia…walo kita harus bangga jd orang indonesia…
    Puteriamirillis recently posted… » Duniaku Terhenti Karenamu

    • bukan Minjem tapi MIN TA soalnya ngga dikembalikan kan? hihihi
      Ikkyu_san recently posted… » Bestest Day

    • @pu: bangga tidak ya jadi orang Indonesia? :D
      @Imelda: ho oh MINta, karena toh gak pernah kembaliin ya hehehe

  20. Kalau Pak Min marah, bilang aja sama yg punya tongseng, pake nama stupid monkey juga boleh, ya itung2 sodaqoh deh, hhehehe, wew :D

    Lupa pernah makan apa kaga ya, gak pernah ngingetin, yg penting makan, hahaha “piss” :D
    stupid monkey recently posted… » Bingkai

    • sepertinya klo gak ada yang provokasi pak Min, dia gak akan marah deh. soale yg jualan ini kan sudah bertahun2 gitu :D

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

CommentLuv badge

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 33 other subscribers

Recent Posts

No thumbnail available

Kampung Koruptor

April 10th, 2014

Di Medan sana, ada sebuah kampung namanya SUNGGAL. Sahibul hikayat, ini cerita dari bapa saya bahwa ...

No thumbnail available

Takut Tekor

March 26th, 2014

Setelah seminggu ini tenang-tenang memantau pegawai yang baru dikirim dari kampung, tiba-tiba tadi m...

Tips Bagi Penjual On-Line

Tips Bagi Penjual On-Line

March 19th, 2014

Keponakanku Attar akan 40 hari tanggal 21 Maret nanti. Biasa deh, ada acara 40 hari, gunting rambut ...

Daftar Donatur Untuk Pelatihan Kreasi Flannel @Sinabung, Tanah Karo

Daftar Donatur Untuk Pelatihan Kreasi Flannel @Sinabung, Tanah Karo

March 4th, 2014

Melanjutkan tulisan tentang rencana memberikan pelatihan padat karya pada saudara-saudara kita yang ...

Akhir Pekan Bersama Egi dan Adek Attar

Akhir Pekan Bersama Egi dan Adek Attar

March 3rd, 2014

Sudah lama ya tidak ada cerita tentang permen cantikku. Padahal ada aja sih ulahnya yang bikin haru ...

Categories

%d bloggers like this: