Legal Size

AAA

Pagi-pagi udah gerimis aje, jadi weh becek di mana-mana. Kasihan sama para asisten, kudu ekstra kerjanya :) Pagi ini terbangun karena cuaca yang panas, kaget lihat AC kok mati? Lihat komputer masih menyala, persis posisinya seperti ketika ditinggal tidur. Selidik punya selidik, rupanya suami yang mematikan. Sengaja! Biar bangun katanya. Rupanya, dia tak bisa tidur karena nyeri di sekujur badan. Bentolan sampai ke telapak kaki dan tangan. Susah napak, katanya. Tapi kok bela-belain ke kamar sebelah matiin AC coba? :P Ini hari ke-3 dia diserang cacar air, kata mbak Imelda bisa 2 mingguan. Gawat, aku kerja sendirian dong? Urusian suami sama urusin usaha? Jangan sampai ikutan sakit aja deh! 

Cukup prolognya :D

source : http://ajib.wordpress.com

Hari ini mau cerita tentang UKURAN KERTAS. Yang lazim dikenal adalah ukuran A4, KUARTO, dan FOLIO. Di sini sih ada A3 juga, sengaja disediakan karena peminatnya lumayan. Masalah yang sering timbul adalah ketika klien mau print dengan ukuran kertas LEGAL. Sampai berbusa mulut saya menjelaskan bahwa pabrik kertas tak pernah menyediakan ukuran kertas LEGAL. Tapi tetap saya pada ngeyel! Simaklah perbincangan kami berikut ini.

Episode ke-1

K : Mau print, mbak.

NQ: kertasnya apa?

K : folio

NQ : adanya F4, mau?

K : yang penting datanya masuk.

NQ : (buka file yang mau diprint, dan langsung saya lihat ukuran kertas yang sudah dipilih). hmm … pak ini mah LEGAL. Gak ada ukuran kertas legal.

K : sembarangan aja bilang gak ada, emang komputer itu bodoh. Itu kan yang sediain komputer, kita bisa memilih ukuran LEGAL.

NQ: Betul. Memang sampai A3 pun mereka sediain pak, tetapi di toko kertas cuma sediain A4, kuarto dan F4. Bedanya di panjangnya. Hampir 3cm lebih pendek F4. Saya bisa saja printkan, tetapi kalau tidak masuk semua datanya, bapak tetap bayar. Bagaimana?

K: Gak bisa begitu. Harus masuk semua dong. Gimana sih?!

NQ : Ya sudah, silahkan bapak cari tempat lain yang menyediakan kertas LEGAL. Karena di sini gak ada pak.

Klien pun ngeloyor sambil ngedumel.

Episode ke-2

K : print dong, kertasnya yang panjang ya.

NQ : F4? ada.(langsung buka file yang mau diprint) Hmm, di sini sudah dipilih LEGAL, tapi kami tak punya mbak, adanya F4, lebih pendek 3cm. Gimana?

K: Aduh? Gimana dong? Editin deh mbak. Biar masuk selembar. Bisa gak?

NQ: Waduh, edit sendiri aja ya mbak, karena ribet niy.

K: payah! kertas gak punya. disuruh ngedit gak mau. niat gak sih!

Klien pun ngeloyor bin ngedumel.

Episode ke-3

K : bisa print? Legal?

NQ : gak bisa pak, gak ada kertas legalnya.

K : ya, pakai yang ada aja. paling panjang kertas apa?

NQ : F4, lebih pendek 3cm dari legal. gimana?

K:  o ya sudah, dicoba aja deh.

NQ : jangan coba-coba pak, apalagi ini ada gambarnya, nanti kalau kepotong, bapak kecewa. Dipisah aja gimana? Atau mau edit dulu?

K : margin atasnya aja pepetin mbak,  kalau masih gak masuk juga semua, tetap nanti saya bayar.

——————-

Itu baru tiga jenis klien lho. Masih ada lagi yang lebih ajaib-ajaib. Yang paling jengkel sebenarnya, kalau si klien ngeyel minta kertas LEGAL. Mau beli dimana coba? Kalau ada yang jual mah, saya beli deh. Masak ndak mau jualan? Tapi selalunya di toko kertas dikasih F4 setiap minta ukuran LEGAL. Sampai eyel-eyelan juga sama si Engkoh penjual kertas di Pasar Pagi. Tetap saja tak dikeluarkannya kertas ukuran LEGAL.

Gimana dengan sohiblogger? Sudah pada tahu ‘kan bedanya ukuran legal dan F4? Atau belum juga? Hehehe

 

49 Comments

  1. Kalau di Jepang yang umum cuma A4 dan B5 (dan variannya), tidak ada ukuran Legal/Letter. Kayaknya itu pengaruh amerika deh :D
    Ikkyu_san recently posted… » UMPAT – UMPET

  2. Angkat tangan….baru tahu F4 sama Legal Size itu berbeda yah??…. kirian selama ini sama aja tuh…..hehehehehe.
    thx ya bu dapat ilmu baru….
    Necky recently posted… » Arsip Digital

  3. wah cacar air itu gak boleh keluar2 dulu lho. mesti pantang makan juga. suaminya kena cacar di usia dewasa juga ya. saya juga baru kena tahun lalu. pas bulan april. semoga lekas sembuh ya. yg penting jgn digaruk aja kalo gatal. ntar bertanda
    fanny recently posted… » IBARAT PERMAINAN MONOPOLY

    • pantang makanan? Makanan apa mbak? Soale dokter bilang gak ada pantangannya lho :(

    • aku juga males mas, sering yg ngeprint diomelin :D
      cuma mereka pun tak berdaya karena di sekolah mengharuskan mereka menyerahkan tugas dalam bentuk hardcopy :(

  4. Saya gak pernah setting untuk cetak ukuran kertas legal, paling ya folio, kuarto atau F4. Yang ngeyel minta dicetak ukuran kertas legal suruh konsumen bawa sendiri kertasnya, hehehe….

    • hahaha udah ku coba seperti itu bang :D
      malah mlotot dia hiihhihi

    • F4 mesti di setting dulu klo di komputer mbak
      disesuaikan dengan ukuran kertas F4 yang tercantum di pembungkusnya :D

    • emang aneh, jadi kita komplen ke mana dong? :D

    • tau tuh .. kepabrik kardus kali, hik hik hik

  5. hehehe.. iya mbak.. disini nggak ada kertas Legal… heran ya, padahal ada pilihannya… yaa semenjak ribet sm urusan ngeprint jaman sma dulu yaaa… aku sih selalu pake A4 aja… atau quarto…

  6. Jadi legal = folio? atau beda lagi kah? Selama ini aku hanya berjibaku dengan A4 dan A3… Bahkan waktu kuliah malah A2.. hahaha..
    bebe recently posted… » Bahagia itu…

  7. belum pernah pakai kertas ukuran itu mbak. klien semuanay bervariasi ya mbaj

  8. hahahahaha.. iya bener mbak niq, dhe juga pernah kejadian yang sama dulu pas masih *sensor*.. tapi dari dulu dhe lebih suka ngeprint pake kertas A4.. simple, dan setiap nyimpan dokumen pun pasti milih A4 biar kalo terpaksa ngeprint diluar gk pake eyel-eyelan dulu.. :D
    Dhenok Habibie recently posted… » Liburan Seru Awal Tahun

  9. Saya ga tau tuh Mb, ternyata kertas ukuran LEGAL itu susah ya. Selama ini di kantor kalau saya butuh tinggal minta, selalu ada.
    Berarti saya harus berterimakasih kepada yang bisa nyariin …. :)
    ded recently posted… » PASAR MARTAPURA

  10. Wakakakakakak….
    Ngebayangin wajah para ‘fans’ kertas legal yang kemana-kemana bingung mau ngeprint gak kasil-kasil.
    Kasihan, Mbak. Mbok lain kali disambung aja kertasnya. :)
    alamendah recently posted… » Energi Terbarukan di Indonesia

  11. Haha…jangan2 LEGAL itu ukuran kertas yg ga legal ;)
    Biasanya aq cari yg ada pilihan user trus ngeset sendiri panjang kertasnya… sayangnya memang ada printer yg pilihan setting kertasnya terbatas ya.. :(
    mechta recently posted… » Gemblong Santen

  12. Hahahha…, kalau dikantor defaultnya sudah A4, pernah ada yang ngeyel minta kerja LEGAL, saya sodorin ukuran A3 ;)

  13. Di Puskes urusan ngeprint aku mah kasih ke ahlinya aja, aku ngetik doang, yang penting jadinya oke,
    Monda recently posted… » Benci Cuko Pempek

  14. Heeeee biasanya hal ini menjadi perdebatan mbak, saya pernah dimintain tolong ngeprint, dia ngeyel, akhirnya saya serahkan ke dia, sialakan pak, dicari legalnya, saya mau beli materai, untuk menguatkannya heee saya tinggal ngopi heee
    Budi Arnaya recently posted… » Keripik Pedas Untuk Pemuda

  15. eh…aku gak pernah perhatiin sih Nique…
    iya gituh?

    Perasaan selama ini kalo nge print mah pake foliao atau quarto…dan gak pernah ada masalah deh kayaknya…

    iya gituh?
    *masih bertanya tanya*
    Bibi Titi Teliti recently posted… » Makna Tersembunyi

  16. heheeh, iya bener bu, legal itu gak ada yah. Untung saya sudah tau, jadi ya kalau mau ngetik langsung saya seting ke F4.. hehehe
    Mereka pada ngeyel2 juga yah ternyata?? :D :D
    Mabruri recently posted… » Kita Semua Bersaudara

  17. Errrr….kalo di kantor, ngeprint legal pake kertas folio Kak qiqiqi… tapi sama2 ribet deh, coz hrs ngeset ulang printer (secara defaultnya cuma untuk A4 dan A3), pdhl skrg gi musim nge-print SPT kan, hadeeuuuhhh…
    Orin recently posted… » Callina

  18. Walahhh… kliennya unik2 banget ya mbak? Kudu sabar ngadepin aneka jenis klien yg unik2 gitu… hehehe

    BTW, aku baru tahu kalau ternyata banyak orang yg masih pilih ukuran kertas legal utk dokumen mereka… Ada2 aja sih..?

    Alow mbak.. apa kabar? Akhirnya aku bisa juga mampir lagi kesini. Seneng deh :)
    the others… recently posted… » Ingin disebut Bukan Blogger Semusim

  19. Kalu aku sekarang g mau pilih yang LEGAL, biar aman, cari yang ada kertasnya aja, hehe…

    Ape kite produksi aja ya kertas Legal Size :)

    Pelangganmu unik ya Niq, hehee…
    Yunda Hamasah recently posted… » Nonton Negeri 5 Menara

  20. Klien memang gitu ya Ma, ada yang rewel dan ada yang praktis praktis saja (sengaja nggak ngomongin kertasnya, karena saya sama kayak Naya, baru tahu kl ada ukuran LEGAL haha..)
    masbro recently posted… » Sebab Saya Pelupa Maka Saya Menjadi Blogger

  21. eeee..bukannya folio itu nama samarannya F4 ya mbak?! yang ukurannya 8,5*13 itu kertas folio/F4 bukan???

    *keseringan jadi operator printer
    bundamahes recently posted… » Si Pedas Manis

  22. legal itu kayaknya emang paper size buat di US ya.
    btw, padahal kertas disini tuh bikinan indo lho! sinarmas kalo gak salah ya… hmm besok gua liatin lagi di kantor.
    tapi mungkin emang diproduksi untk export kali ya jadi gak dijual di indo…
    arman recently posted… » Coronado Island Getaway

  23. di kantor juga adanya kertas F4 mbak.. ya kalau butuh yang agak panjang saya pake kertas itu..
    wah, coba semua klien kayak yang tipe terakhir itu ya mbak
    Amela recently posted… » Tiga Bersaudara Menjelajah Museum

  24. Permasalahannya, yg tertulis di komputer itu adalah pilihan Internasional, makanya semua jenis ada.
    Nah ketika dikaitkan dengan kertas yg tersedia di pasaran, maka tidak semua jenis ukuran ada di pasaran.
    Nek ono sing ngeyel maneh dijawab wae Ni, bahwa Negoro sing ono kertase ukuran legal adalah Negara Astina…
    ———————————-
    Nek mlaku ojo Legal-Legol Ni :D
    marsudiyanto recently posted… » (merasa) belum (merasa)

    • Dan lagi begini Ni…
      Legal yang dimaksud itu bukanlah ukuran kertas, tapi menunjukkan ukuran maksimal yang bisa terdeteksi atau dengan kata lain ya LEGAL” itu
      ================================
      Pelangganmu kok bodho tapi ngeyelan to Ni?
      marsudiyanto recently posted… » (merasa) belum (merasa)

  25. wah mba aku pikir kertas legal yang folio itu alias F4 (baca; eF Se. hihihi)….
    Nunu recently posted… » My Idiot Brother

    • memang, klo di komputer mah segala ukuran kertas juga ada, masalahnya kan klo mau diprint itu pilihan kertasnya tidak disediakan sebanyak ukuran kertas di komputer :D

      yowes mlungker ae, gak usah ngapa2in :D

  26. ohhhhhh jadi beda tho Mbak Legal sama Folio itu, walaahh aku kira legal itu ya folio itu *dudul telat baru tahu*
    misstitisari recently posted… » Daun Saga

    • hadoooh …
      jadi saya harus makin banyak maklum klo klien2 pada gak tau
      lah blogger2 juga sama sih hihiihih

    • hahaha … ada bagusnya dong postingan ini Na *senang*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

CommentLuv badge

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 33 other subscribers

Recent Posts

No thumbnail available

Kampung Koruptor

April 10th, 2014

Di Medan sana, ada sebuah kampung namanya SUNGGAL. Sahibul hikayat, ini cerita dari bapa saya bahwa ...

No thumbnail available

Takut Tekor

March 26th, 2014

Setelah seminggu ini tenang-tenang memantau pegawai yang baru dikirim dari kampung, tiba-tiba tadi m...

Tips Bagi Penjual On-Line

Tips Bagi Penjual On-Line

March 19th, 2014

Keponakanku Attar akan 40 hari tanggal 21 Maret nanti. Biasa deh, ada acara 40 hari, gunting rambut ...

Daftar Donatur Untuk Pelatihan Kreasi Flannel @Sinabung, Tanah Karo

Daftar Donatur Untuk Pelatihan Kreasi Flannel @Sinabung, Tanah Karo

March 4th, 2014

Melanjutkan tulisan tentang rencana memberikan pelatihan padat karya pada saudara-saudara kita yang ...

Akhir Pekan Bersama Egi dan Adek Attar

Akhir Pekan Bersama Egi dan Adek Attar

March 3rd, 2014

Sudah lama ya tidak ada cerita tentang permen cantikku. Padahal ada aja sih ulahnya yang bikin haru ...

Categories

%d bloggers like this: