Mesin Setor Tunai

AAA

Kehadiran Mesin Setor Tunai belakangan dirasa teramat membantu. Waktu yang biasa terbuang sekitar 30-60menit lebih untuk mengantri, sekarang cuma membutuhkan beberapa menit saja. Pelitnya, bahkan terkadang merasa rugi masuk ke dalam parkiran, saking sebentarnya motor diparkir dan harus mbayar dua ribu perak *emak-emak merki*. Selain itu, kami juga merasa terbantu karena bisa menyetor uang kapan saja, asal ada uang yang mau disetorkan :D Rasanya hidup semakin dipermudah saja.

Tetapi minggu lalu sempat juga olah raga dibuatnya jantung ini, karena segepok kecil uang nominal 20.000 ditelan oleh si mesin tapi saldo tidak bertambah. Untungnya suami yang ke bank, tanpa rasa panik langsung dong mengurus laporan tertulis ke pihak bank terkait. Pintarnya cerita ke saya tidak detil, sehingga saya pun menanggapinya biasa saja, karena saya pikir CUMA 1 lembar 20.000 saja yang tertelan si mesin.

Tapi tadi siang, ketika melihat si mesin sedang bongkar muatan, suami bertanya apa ketemu uang 20.000an yang mungkin tersangkut? Rupanya mesin itu bongkar muatan setiap hari, jadi karena kejadiannya sudah minggu lalu, artinya uang yang tersangkut itu pastinya sudah ada pada pihak terkait. Penasaran saya tanya, memangnya gimana siy nyangkutnya? Apakah karena lembarannya sudah jelek, sehingga mudah sangkut? Baru deh suami bilang yang tersangkut itu segepok, bukan selembar. Gubrak!!!

Serta merta dong saya panik, maklum deh, kebanyakan baca berita yang orang-orang uangnya tertelan dan tidak mendapatkannya kembali. Uang itu, walau segepok kecil, buat kami pastilah sangat berarti. Dan saking parnonya, saya minta suami setor langsung saja, daripada nanti dikerjain si mesin lagi ‘kan?! Sebetulnya keparnoan ini lebih dipicu oleh cerita teman yang pernah bekerja di perusahaan yang memang khusus mengambil dan mengisi mesin, yang mana mereka mendapatkan uang sampingan ya dari uang-uang yang tersangkut atau disangkutkan hehehe

Eh malam ini, beberapa menit yang lalu, saya akan melakukan transaksi belanja on line dan ketika melihat mutasi … aha .. uangnya sudah masuk lho. Tumben niy kerjanya cepat ;) Padahal janjinya 14hari kerja baru uang masuk ke dalam rekening. Bagus deh, berarti mereka sudah semakin meningkatkan kinerja mereka. Iyalah, saingan makin banyak juga kan, kalau tidak bisa mendapatkan kepercayaan dari pelanggan, ya siap-siap saja ditinggal belok kiri atau kanan :)

Terima kasih ya Bank, walau selama ini saya sering bilang tidak suka padamu karena arogansimu yang sangat terkenal itu, tapi hari ini saya padamu banget deh :D

50 Comments

  1. waduh kapan terakhir pakai mesin setor tunai ya? di sini setor sama ngambil mesinnya sama kok… di jkt beda ya?
    Sama kayak donny, aku ngga perlu setor2 kecuali ada beberapa toko/organisasi jadul yang ngga terima bayaran tranfser bank/credit card, jadi cuma terima setor di Kantor Pos. Dan kalau mau cepat ya pakai mesin itu sih.
    Ikkyu_san recently posted… » Upik Abu vs Putri

    • ketahuan kan udah ga rajin menyambangi diriku …
      apa karena setiap mau ke sini banjir terus makanya jadi malas? hahaha

  2. aku belum pernah nyoba tuh mesin mba, udah parno duluan, kebanyakan baca dan dengar berita kegagalan si mesin, dan kerakusannya menelan uang sih, hehe. Jadi bener2 udah parno duluan, dan sepertinya ga mau nyoba ah, takut aja, hihi…

  3. kalau nyangkut emang prosedurnya repot. sy pernah nyangkut 100 rb, mesti urus kesana sini, baru 2 minggu balik.

    • kemarin sih ngurusnya ga kesana sini :D cuma kesitu (cso) doang, sudah, ga sampai 14hari uangnya udah balik, alhamdulillah.

    • hahaha … terpana pake mlongo ga? :P

  4. Noway deh. Mesin setor ini yang paling saya takuti. Keknya gak bakalan berani make deh… Khawatir kalo kejadian macam2…
    kakaakin recently posted… » Saya NgeBLOG, Kamu??!!

    • ya mba, mending jangan dicoba, nanti klo suka pake mesin setor tunai, saingan saya ngantri jadi banyak hahaha

  5. resiko kesalahan sepertinya jusrtu lebih besar di mesin…, karna kalu langsung di bank bisa langsung komplain aja… hehehehe…
    ToPu recently posted… » Pengganti Free Shoutmix

  6. saya paling suka memanfaatkan mesin itu biar gak cape antri. cuma belum banyak ya penyebarannya
    indobrad recently posted… » Hena Masa Waya

    • ya, cuma ada di beberapa cabang utama saja, itupun tidak semua yg buka sabtu minggu, jadi terpaksa ke mal deh, biasanya yg di mal standby selalu, kecuali penuh :D

  7. aku belum pernah pakai mesin ini mbak, masih takut2

    • jangan dicoba mba, bisa ketagihan soale :D

  8. Waahhh walaupun happy ending tapi takut juga jadinya mbak pake setoran tunai…

  9. Saya juga suka dengan mesin setor tunai…. kalau ke bank itu capek banget ngantrinya.
    Cuma ya harus bener2 rapi uangnya….
    @zizydmk recently posted… » Rasanya Tertawa

  10. Pertama kali pake mesin setor tunai aku norak banget. Salah mencet mulu, apalagi touch screen! Tapi akhirnya kelamaan. Thank God, gak perlu ngantri! :)
    Ladeva recently posted… » Public Speaking di Akber

  11. NiQueeeee….baca kan posting saya yang masuk bank gara-gara pengen ke kamar mandi tapi ‘terpaksa singgah’ di mesin setor tunai?
    Itulah terakhir kali saya memanfaatkan mesin itu… :D

  12. Saya jarang banget pake mesin setor tunai niQue, biasanya langsung setor aja ke teller…*tetep kuno…hehe*
    :D

  13. Di sini juga banyak mesin ATM untuk nabung.. tapi aku tetep enggan makenya… selain karena takut, aku rasa juga tak perlu.. gaji ditransfer, beli apapun di sini juga mending pake eftpos (debt card) yang connected ke saldo tabungan…
    DV recently posted… » Sondang

    • hla mas Donny enak terima gaji bulanan, lha kami gajiannya setiap hari jeee klo setiap hari juga ngantri wedew bisa tua di antrian dong huehuehue itulah makanya jadi cinta sama mesin setor tunai itu yang klo hari sabtu/minggu pasti saya cari2 hehehe

  14. Saya pernah sekali menggunakannya. Walau lancar ketika kondisi tidak mendesak saya lebih suka antri.
    Trims Mbak .. ceritanya seruuu :))

  15. Kadang itu mesin juga bego loh. Teman saya ketiban untung dua jutaan. Gimana ceritanya? Ya, dia tetap menjalani prosedur penyetoran sesuai petunjuk mesin. Begitu dia selesai transaksi, si mesin muntahin lagi uang yang dia setor. Selesai dia cek direkeningnya sudah bertambah saldo sesuai uang yang dia setor.
    Alris recently posted… » Malas

    • kapan kebagian keberuntungan kayak gitu yah? xixixi

    • hahahaha …. andai si mesin bisa nyaut, kayaknya sih gitu ya hihiih

  16. nyetor di atm setoran itu beraninya kalau cuma nyetor 2 atau 3 lembar doang, lebih dari itu tetap lebih percaya dengan kasir deh..,
    pokoknya sekedar tau teknologi aja,

    print buku tabungan juga udah ada mesinnya, tapi kadang malah mesin nggak kebaca, balik lagi ke CSO
    monda recently posted… » Weekly Photo Challenge : Celebration

  17. baru deeh setelah duit masuk banknya disayang-sayang. hahaha.. coba nggak balik, paling gantian dimaki-maki.

    beruntung nggak pernah kejadian gitu di mesin CDM. Biasanya yang terjadi adalah malah duitnya tertolak karena lecek
    gaphe recently posted… » Unjuk Gigi di Batu Ferringhi

    • klo sy masih maki2 padahal uang masuk, ntar dicap gila dong Phe
      tega po? :P

  18. Saya beberapa kali melihat mesin setor uang tunai ini …
    namun saya tidak pernah menggunakannya …

    Entah mengapa saya takut saja …

    Tapi kalau ngambil … naaahh itu … si ATM mungkin sudah hafal bau tangan saya … hawong sering diambil …

    salam saya Nike
    nh18 recently posted… » KALEIDOSBLOG NH18 2011

  19. aku jg pernah mak niq. ampuun ketar ketirnya aku debitnya kepotong eh uangnya gal keluar dr mesin atm. kalo 50 males ngurusnya lha ini sejuta… . buat beli sabun cuci dapet tuh semobil hehhhe…hiperbola

    • terus sabunnya dicuci, untungnya udah berapa itu ya :D

  20. Wah aku belum pernah coba mesin setor tunai. Di bank yang aku tabungi *halah ini maksude opo* ketoke belum punya atm setor tunai~

  21. wooow, dulu mama saya juga pake setor tunai, soalnya ga harus jam kerja bank buat transfer duit buat anaknya yang merantau ke ibukota..
    mesin setor tunai itu beneran inovasi penting di dunia perbankan, sayangnya di baubau belum ada mesin setor tunai

  22. OOhh jadi mulai sekarang lope nih sama Bank,ciyee..

    Hahaa..teuteup Emak2 Merki,rugi banget ya,nyeselnya ampyun tuh,tau gitu ga usah parkir..
    Nchie recently posted… » Senyuman Chibi

    • hahaha kayaknya emak2 merki tuh banyak yah bukan saya seorang :D

  23. owh pake mesin setor tunai memang harus uangnya yang bagus2 ya gak boleh kelipet..saya belum pernah make sih :D lebih nyaman setor ke bank langsung terus di transfer tapi apa kalau setor tunai gini kita gak usah pake kartu ATM tah?
    crazyhusband recently posted… » Tips to Prevent Broken Foot

    • tetep harus pake kartu atm, kan masukkan dulu kartu atmnya, baru setoran diproses.
      ga harus uang baru tp emang harus bagus, jadi kerjaan saya setiap hari itu ngelempengin duit2 kertas yang diuwel2 pelanggan :D

  24. hahaha…itu pihak banknya udah baca postingan mbak yang ngamuk di PLN, jadi takut ntar kejadian yang sama di Bank :lol:

    eh, aku baru tau uang 20rb bisa disetor tunai. setahu saya cuman lembaran 50rb dan 100rb saja. biasanya memang gak bisa masuk semua, bukan karena jelek, justru uang baru yang masih ‘bau uang’ biasanya yang gak masuk. hehe
    salam untuk si aBank ya..
    tunsa recently posted… » Akhir dari PR Sebelas

    • hehehe mosok segitunya, tapi iya sih, klo pihak bank ga mau balikin duitku, pasti misuh2 lagi hihihi

      saat ini setau saya cuma ada 2 bank yg ada mesin setor tunainya, dan di bank capek antri itu bisa setor pecahan 20rb an, asal itu tadi, dimulus2in :D
      biasakan menghitung lembar uang dulu

  25. Dijanjikan 14 hari karena itu prosedurnya. Mesin tsb akan diisi, ditambah dan di cek, paling lambat 14 hari kerja. Namun jika transaksi banyak, kemungkinan 3 hari atau seminggu mesin sudah diisi kembali. Gunanya laporan, karena petugas akan mencocokkan, antara saldo yang ada sesuai catatan dengan bukti fisik. Jadi kalau ada uang yang nyangkut akan dicocokkan dengan laporannya, kemudian dikembalikan ke rekening, sesuai laporan nasabah.

    Seharusnya tak bisa mengambil uang yang tersangkut, karena minimal ada 2 petugas…satu dari Bank yang berangkutan, sedang lainnya adalah petugas lain dari perusahaan yang mengisi uang tersebut (perusahaan berbeda). Jika bisa dimanfaatkan berarti dua pihak (kedua petugas dari dua perusahaan berbeda, ada kolusi…dan jika ketahuan, dua2nya dipecat).

    Walau begitu, sebagai mantan orang Bank, saran saya adalah: jika dalam jumlah besar, jangan ambil atau setor lewat ATM. Jika terpaksa, ambil ATM yang ada di depan kantor Bank ybs agar segera langsung diproses jika ada masalah. Saya lebih parno lagi, jika malam (bank tutup), saya ajak petugas satpamnya menemani (dia kan nggak kenal saya lagi)..pura2 bego, jadi satpam akan tahu kalau ada masalah..hehehe (suka diketawain anak-anak, maklum pensiunan kan uangnya pas2an).
    edratna recently posted… » 3.Menunaikan Rukun Haji:d.Mina-Padang Arafah

    • saya kira juga begitu bu, sudah pasti 2belah pihak terlibat, hanya saja, klo kedua orang terlibat itu keuekuh sumeukeuh kompak bilang ga ada duit nyangkut maka ya apeslah nasabahnya hehehe untungnya kami jauh2 dari keapesan, maka duitnya masih balik.

      iya bu, maunya juga gitu sih, tapi kan ada bank yang capek antri tuh, jadi males aja, terpaksalah nekad lewat mesin setor tunai.

Trackbacks/Pingbacks

  1. Setoran Tunai | nicampereniqué.me - [...] baca postingan Hani tentang Mesin Setor Tunai dan saya pun ingat tahun lalu pernah menulis tentang mesin setor tunai …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

CommentLuv badge

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 33 other subscribers

Recent Posts

Penemuan Termutakhir

Penemuan Termutakhir

April 23rd, 2014

Frekuensi menulis saya semakin jarang. Menyedihkan sekali melihat blog ini terlantar. Sepertinya say...

No thumbnail available

Prihatin?

April 23rd, 2014

Belum lama ini, seorang tetangga menyampaikan keprihatinannya pada saya. Merasa kasihan melihat saya...

No thumbnail available

Kampung Koruptor

April 10th, 2014

Di Medan sana, ada sebuah kampung namanya SUNGGAL. Sahibul hikayat, ini cerita dari bapa saya bahwa ...

No thumbnail available

Takut Tekor

March 26th, 2014

Setelah seminggu ini tenang-tenang memantau pegawai yang baru dikirim dari kampung, tiba-tiba tadi m...

Tips Bagi Penjual On-Line

Tips Bagi Penjual On-Line

March 19th, 2014

Keponakanku Attar akan 40 hari tanggal 21 Maret nanti. Biasa deh, ada acara 40 hari, gunting rambut ...

Categories

%d bloggers like this: