Manasik Haji

AAA

Manasik Haji lazimnya dilakukan oleh orang-orang yang beragama Islam yang sedang mempersiapkan diri untuk berhaji ke Mekah, semacam pembekalan terhadap kegiatan beribadah di sana. Saya sih belum pernah mengikuti atau melihat langsung cara-cara manasik haji, bahkan tahunya justru dari para keponakan yang masih duduk di bangku TK, baik TK Kecil maupun TK Besar.

Belakangan saya mulai terusik, sepenting apakah kegiatan manasik haji untuk anak-anak TK ini? Kenapa mereka diharuskan untuk mengikuti kegiatan ini? Apakah keharusan itu ditetapkan oleh Mendiknas? Atau cuma bisa-bisaannya pihak sekolah? Jika memang Mendiknas yang mengatur, kenapa ada TK lain tidak mewajibkan kegiatan ini???

Isu ini menjadi perhatian saya karena biaya yang dikeluarkan untuk kegiatan ini tidak sedikit lho sodara-sodara. Kisaran 150-200rb!!! Tergantung mau pakai piala apa tidak, kalau pakai piala pasti ya 200rb, kalau tidak boleh 150rb. Bayangkan deh! Jumlah uang segitu ‘kan tidak kecil, cukup untuk beli beras sekarung. Padahal apa sih dampaknya buat anak-anak kecil itu? Mana mereka terpaksa berpanas-panasan pula.

Jika kegiatan ini pernah diikuti ketika duduk di TK Kecil, semestinya ketika di TK Besar tidak perlu dong ya? Atau dibuat sebaliknya saja, jika masih di TK Kecil tidak perlu mengadakan kegiatan ini, toh nanti di TK Besar sudah pasti ada, jadi 1 anak cukuplah 1x menjalani kegiatan ini. Walaupun tetap saja saya mempertanyakan, dampak apa sih yang diharapkan pihak sekolah terhadap kegiatan ini? Meningkatkan ketakwaan? Lebih mengenal Islam? Jika itu tujuannya, toh bisa di-setting sendiri ‘kan di sekolah, dan tentunya biaya yang dikeluarkan tidak akan semahal itu. Belum lagi soal piala, esensinya piala itu apa sih? Tanda pernah ikut manasik haji? Terus kenapa ketika di TK Besar diberitahukan sudah pernah ikut, tetapi tetap saja diwajibkan?

Tulisan ini tidak bermaksud untuk menentang kegiatan ini, hanya mempertanyakan kenapa mesti diwajibkan? Bagaimana jika tidak berkemampuan? Saya kira, jika memang tetap mau dilaksanakan 1x sudah cukup kok.

Selain itu, lokasi pelaksanaannya pun berbeda-beda, padahal sama-sama dari Tg.Priok, satu mengadakan di Islamic Centre Jakarta Utara, eh yang satu lagi di Pondok Gede. Buat apa coba jauh-jauh ke sana?

Jujur saja saya sudah ‘gatel’ mau ngamuk-ngamuk sama kebijakan yang tidak masuk di akal ini, tetapi mereka bukan anak saya, sehingga tentunya apapun itu kembali pada orang tuanya masing-masing. Tinggal deh saya yang ngedumel sendirian di pojokan :(

Btw, ada yang pernah mengalami ini pada anak masing-masing? Apakah di sekolah anak2 sohibloger juga mewajibkan setiap anak untuk mengikutinya? Berbagi yuk, agar panas di hati ini sedikit mereda hehehe

Gambar dari gugel, tadinya sih  mau majang foto Egi ketika manasik haji tahun lalu, tapi fotonya harus discan dulu, sementara emosi sedang meluap pengen posting :D 

46 Comments

  1. waaah susah deh aku komentar untuk posting yang ini…. menurutku sih tidak perlu.
    Di SRIT sini juga ada tapi ngga tau ya apakah anak TK juga, dan apakah dipungut biaya tambahan atau ngga.
    Kadang, pihak sekolah mungkin dengan mengatas namakan kegiatan agama, orang tua akan langsung OK ya
    Ikkyu_san recently posted… » Vending Machine

  2. Yang aneh lagi dialami sama saya. Akhir semester anak tk kudu wajib ngikutin acara plesiran ke An**l. Padahal biayanya gak sedikit buat ukuran kantong saya.

  3. Aku blm punya pengalaman spt ini sih mbak, vania msh playgroup.. Tp kakak2 kelasnya yg TK memang diwajibkan ikut… Gak tau jg biayanya brp.. Deket sih Asrama Haji.. Sebelahan sekolah vania, hehe… Mgkn maksudnya utk pengalaman aja kli ya.. Tp harusnya gak usah mahal2 biayanya…

  4. Biasanya yang mengadakan itu sekolah yang dimiliki oleh yayasan islam gitu. Jadi ingat keponakanku kemaren juga ada latihan manasik, tetapi biayanya berapa aku tidak tau. Tapi kalau 150-200rb kayaknya tidak sampai segitu dech…. Mahal bgt!!!
    asti recently posted… » Ayam Bumbu Andaliman

  5. 150-200 rb? Pantes saja mbak ni ngedumel dipojokan gitu.
    Kebetulan di TK Destin tidak pernah. Mungkin seperti mbak Ami, semua biaya ekstra Destin dibayar di muka, jadi tak ada.

  6. Mbak ngga salah tuch biaya manasik haji smpe 200rb? ina mau manasik haji juga tgl 21/11 di islamic centre…bayarnya cuma 35rb koq satu anak….utk tranport 25rb (berdua anak sm pengantar)….adikku kan guru TK….katanya kalo mo dapat piala bayarnya cuma 50rb, kalo sekolah ina ikut yg ngga dapat piala….

    jadi klo biayanya smpe 200rb sekolahnya ambil untung bnyak tuch hehehe…..

    • ga salah mba, Egi bayar segitu tahun ini, padahal tahun lalu sudah ikutan juga. Klo tidak semahal itu, mungkin postingan ini tidak ada hiks

  7. Masih mikir dikasih piala buat apa ya?
    Ann recently posted… » 6 November

    • nah itu, aku juga mikir buat apa itu piala yak? :D

  8. kabarnya bulan depan mbak sekolahnya Pascal mengadakan manasik haji, saya gak ngerti deh aturan ini dari mendiknas atau bukan,memang sih jumlah uang yang dibayarkan kisaran segitu :(

  9. Yah..lagi2 sekolah tersebut perlu ditanyakan :D
    Masa sih manasik haji perlu dilakukan 2x? :D
    Syukur2 ya kalo ortunya mampu, kalo hidupnya pas2nya ya gigit jari :D
    Zippy recently posted… » XLangkah Lebih Maju Dengan Internet

  10. Itu mengajarkan anak ita untuk lebih dekat dengan Tuhannya,tapi dulu saya belum pernah manasik haji pas jaman kecil

  11. walaupun sebenenrya gak boleh negative thinking, tapi… apa mungkin itu salah satu cara buat sekolah untuk ngambil keuntungan?
    arman recently posted… » 3 Cerita Di Tanggal 3

  12. Lagi latah kayaknya mbak.. coz brp tahun belakangan media.sering ngeliput sekolah yg ngelakuin manasik haji.. pasti sekolah pertama yg ngelakuin itu pake cara sederhana aja gak sampe mahal.. eh karena terlalu diekspose jadi deh sekolah lain ikutan dengan gaya yg lebih besar.. ya menurut pendapat sotoy aku seh.. hehehe

  13. Untung anak saya dua2nya ga pernah ikut kegiatan seperti itu,karena menurut saya hanya sekedar hura-hura dan kurang bermanfaat. Jika memang untuk pendidikan bisa dilakukan di sekolahnya. Biasanya saya melarang anak2 ikut kegiatan sekolah yang tidak saya setujui.

  14. Semoga niatnya demi kebaikan anak-anak ya, Mbak..

  15. Jadi ingat saat Shasa manasik waktu TK dulu. Saat itu anak2 dikumpulkan di alun2 kota (tempat pelaksanaan manasik) sejak pagi, tapi acara manasik baru dimulai siang karena ‘pejabat’ yg membuka acara itu datang telat. Emang penting ya acara anak2 TK dibuka dg seremonial spt itu.

    Kasihan anak2 saat itu kepanasan, sehingga guru2nya juga harus memayungi murid2nya, tentu saja gak bisa semua dipayungi kan?

    Tapi aku lupa sih bayar berapa, yang jelas gak pake piala. LAgian, buat apa sih disediakan piala segala?

    Waktu itu yg sibuk gak cuma anak2nya karena semua pengantar juga harus pakai baju putih2… nah bagi yg gak punya baju putih2 pada ribut cari baju juga kan? :p
    The Others recently posted… » Mengenang Masa SD

  16. Rasanya manasik haji buat anak2 TK sudah ‘biasa’ ya dimana-mana? Emang sih, anak2 sendiri juga belum paham bener buat apa mereka melakukannya, apalagi dg harus ngapalin doa2 yg banyak itu…
    Catatan Kecilku recently posted… » Taman Sari Yogyakarta

  17. wahh…keluhan seorang ibu yah..hehehe..
    kalo saya dulu waktu TK kayaknya murah-murah aja deh (apa karena gak ngerasa bayar yah??)
    soalnya dulu manasiknya di halaman TK aja, modalnya cuma kain putih aja…hehehe
    muamdisini recently posted… » Teknologi dan Takhayul

  18. begitulah dunia pendidikan kita bu, segalanya dikomersilkan…masih jauh dari pendidikan ‘yang berhati nurani’,kasihan org2 yg tdk seberuntung ibu yg mau menyekolahkan anak2nya di taman kanak2 (krn banyak uang ini/itunya)yg tidak bisa menyekolahkan anaknya…!
    bensdoing recently posted… » Ap Tu Yu

  19. Maksudnya mungkin baik pengelola sekolahnya, cuma cara menyampaikannya yag kurang pas sehingga mungkin orantua murid mempunyai persepsi yang berbeda
    ibnu siswoyo recently posted… » Rindu Anak Kepada Ayahnya

  20. Anak saya masih di PAUD sob..jadi belum pernah ngikutin kegiatan yang seperti ini

  21. eh baru tahu kalo ada pialanya :O gg terlalu bermanfaat juga itu piala
    Tiara Putri recently posted… » Vespa Ajaib

  22. bener tuhh manasik haji diadakan di taman kanak-kanak,tapi waktu saya Tk gak ada tuh manasaik haji,bentar lagi juga adik saya mau mengikuti acara manasik haji di dadaha Tasikmalaya,.doakan semoga gak hujan dan acaranya lancar ya

  23. tiap tahun selama TK, anakku juga ngikut manasik haji jadi bisa dobel sertifikat dobel foto juga, dan tempatnya berpusat disebuah lembaga bareng ama TK lain
    mamah Aline recently posted… » Rumah Idaman

  24. Memang kalau melihat besaran dari harganya memang lumayan besar seperti itu.Tetapi kalau tujuannya menanamkan kepada anak bagaimana perjuangan seorang nabi Allah tidak ada salahnya juga….
    abufarras recently posted… » Hasil Kebaikan

  25. anak sy waktu TK juga diwajibkan, bayarnya 75 rb. Tapi ada juga sih yang ngga ikut, gak apa2. Cuma terkadang sbg ortu, suka kasian kalo ngeliat yg lain ikutan, kok anaknya ngga. Giliran temen2nya cerita, anaknya bengong aja.

    Disini sih gak pake piala, cuma di kasih makanan ringan aja. Acaranya emang bareng2 gitu bareng TK lain (sekecamatan), dan di bedakan pula waktu & tempat, antara TK Islam & TK Umum.

    Ngga cuma TK aja lho mbak, PAUD juga ada acara beginian.

    Emang sih mbak, kok kayaknya sia2, anak saya juga gak ngerti apa itu manasik haji, cuma taunya Kabah doang. Doa2nya boro2 hapal.
    dey recently posted… » Selalu ada kenangan

  26. Nggak pernah ngalamin langsung niQue, cuma sering dengar aja kalo ada beberapa TK yang melaksanakan manasik haji buat murid-muridnya.

    Saya nggak setuju *apalagi pas tau kalo itu pake biaya dan piala/sertifikat…konsumtif banget kesannya*, karena biarpun di TK udah diajarin, kelak kalo mau pergi haji beneran juga pasti menjalani apa yang namanya manasik haji.
    Daripada keburu lupa sama manasik haji yang dilaksanakan di TK, lebih baik adakan saja kegiatan-kegiatan outbond lain yang membawa manfaat positif dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya mengunjungi panti jompo, rumah yatim piatu atau melaksanakan shalat di mesjid besar yang ada di kota tersebut…ehm, kalo TK-nya berbasis agama Islam tentu saja…
    ;)

    • ini sih TK umum kok mba, tapi ya gitulah, mungkin para emak2 ini males berurusan sama pihak sekolah, dengan kata lain klo saya sih dianggap emang demen protes :(

  27. Manasik sekali di sekolah kakak, adek di asRama haji. Ribet juga, karena nyampur dengan sekolah lain, takut anak lenyap dari pandangan. Terpaksa mama juga ikutan lari sana sini.

    • nah itu kak, rempong dah pokoknya, ya kan

  28. Hmm… keponakanku kmaren latihan manasik di Islamic Center Samarinda. Entah apakah memang diwajibkan atau tidak, entah bayar atau tidak…
    Jadi mikirin hal ini juga nih…
    kakaakin recently posted… » Telpon dari Arab

    • jadi nambahin kerjaan ya mba gara2 postingan ini hehehe

  29. menurut saya lebih efektif diputarkan video tentang pelaksanaan ibadah haji, sekedar memberikan gambaran bgmn beribadah haji itu.
    saya tiga kali mengikuti anak2 manasik haji yg diselenggarakan sekolahnya. ya, mmg nggak pas dilakukan saat anak2 masih setingkat TK. selain pemborosan biaya, anak2 tsb nggak paham apa yang ia lakukan.
    kyaine recently posted… » Cukup satu kartu kredit

    • nah itu, cuma apa saran kita yang murah meriah itu mereka mau dengar :(

  30. wah saya malah belum pernah manasik haji..
    hehe :D..

    • saya juga blom kok :)

  31. Kritik yang sangat menarik, Mbak. Ya, kalau dipikir-pikir apa sih manfaatnya kecuali pengenalan manasik haji bagi anak-anak? Kalau sekedar bisa manasik tapi gak bisa naik haji juga buat apa? Entah kalau dengan pelajara seperti itu guru-gurunya juga memberikan motivasi bagi anak-anak untuk bisa berhaji saat sudah dewasa kelak. Pertanyaannya, guru-gurunya sudah pada naik haji belum? :D

    Salam kenal.
    Bung Eko recently posted… » Steve Jobs karya Walter Isaacson

    • rasanya blom pas yah memotivasi anak2 itu untuk berhaji di usia TK, wong pas udah di SD aja klo ditanyain sunat aja blom tentu mau kok, gimana berhaji? mana inget mereka.

    • nah iya klo diadakan di sekolah aja malah murah toh

  32. Sekolahnya yg ellite dan muridnya berduit kali yak, makanya wajib xixi. *Bukannya sharing malah comment ga penting*

    • jiahhh mba Tarry, mana mampu ponakanku sekolah di tempat elit, justru yang elit seperti Tk. Barunawati itu malah tidak mewajibkan lho, jadi itu mah terserah pada kemampuan dan kemauan orang tua si anak.

  33. saya rasa tergantung sekolahannya. kalo sekolahan untuk menengah ke atas, berapapun yang dibayar mereka gak masalah. di sekolahku semua uang SPP bulanan dan pangkal sudah merupakan semua aktivitas luar jadi tidak ditambahin lagi untuk acara ekstra. minimal perlu dibicarakan saat rapat di awal tahun pelajaran supaya dan dibebaskan bagi yang keberatan

    • iya toh, mestinya itu ‘cuma’ ekskul, bukan sesuatu yang diwajibkan.
      cuma puyeng juga ngadepin pihak sekolah yang mungkin kurang paham kali ya arti WAJIB dan disarankan … *masih gregetan*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

CommentLuv badge

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 32 other subscribers

Recent Posts

No thumbnail available

Aku Rapopo

June 9th, 2014

Dulu, ketika belum menikah saya masih senang dandan. Tak jarang full make up untuk momen yang tidak ...

No thumbnail available

Melarang Atau Membiarkan?

June 8th, 2014

Sudah hampir 2 bulan ada tugas rutin antar abang Reza dan adek Egi latihan renang. Jadi mulai deh me...

No thumbnail available

PLN Lagi

May 13th, 2014

Naiknya TDL membuat kami putar otak, bagaimana caranya agar masak nasi bisa menggunakan listrik deng...

No thumbnail available

Move On

May 12th, 2014

Kemarin 2 sahabatku datang berkunjung. Kebetulan suami sedang ada acara di Central Park sana, jadi k...

No thumbnail available

Antisipasi dan Berserah!

May 8th, 2014

Selama lima tahun punya usaha, kami piker kami seringkali menghadapi karyawan yang ulahnya sudah min...

Categories

%d bloggers like this: