Say No to Coffee!

AAA

Jika Mabruri sampai bikin postingan terselubung tentang kopi, saya memilih berterus terang saja bahwa saya memang mau membagikan pengalaman saya sehubungan dengan kopi. Iya, kopi yang hitam manis kayak warna kulit saya itu, yang kalau dibubuhi gula rasanya jadi legit. Pasti sudah pernah mencobanya dong?!

Dulu, saya pun termasuk orang yang menggemari kopi. Sehari saja tidak minum kopi rasanya hidup itu hampa. Tak bergairahlah pokoknya! Bagusnya, bukan black-coffee. Masih harus pakai creamer dengan takaran yang seimbang. Sampai satu hari saya mengalami peristiwa yang takkan bisa dilupakan seumur hidup, dan sejak itu jadilah kopi musuh bebuyutan saya. Andaipun masih ada yang melihat saya nongkrong di ‘kedai kopi’, pilihan minuman saya pasti tidak jauh-jauh dari air mineral atau jus.

Peristiwa ini terjadi sekitar tahun 2008, waktu itu saya memanfaatkan voucer makan siang gratis di salah satu restoran. Karena saya kuatir nanti porsinya besar, maka sengaja perutnya tidak diisi apa-apa, kecuali air mineral tentu. Saya sudah lupa jenis makanan yang saya pesan, tapi untuk minuman saya memesan 2 jenis, cappucino dan air mineral. Ini sudah kebiasaan kalau habis minum kopi atau makan es krim, pasti harus minum air mineral.

Begitu makan siang tuntas, semua pesanan sudah memenuhi ‘kampung tengah’, beranjaklah saya menuju Semanggi, ada ajakan rapat dari teman-teman komunitas. Di tengah jalan, saya mulai merasakan ada rasa-rasa tidak enak di perut, dan sempat bimbang tuh antara mau langsung pulang ke Bekasi atau ikutan rapat. Eh tau-tau mobil sudah ada di Jalan Casablanca dan hujan deras saat itu. Sakit di perut sudah tak tertahankan, dan ketika melihat satu pom bensin saya masuk dan parkir di sana. Mual-mual menyerang, bolak balik ke toilet, semua sudah keluar sampai badan lemas sangat.

Saya coba tidur sejenak, tapi kok perasaan ini badan tambah lemas ya?! Sempat kuatir jika terjadi apa-apa, dan tidak ada orang yang tahu, bagaimana ya? Apalagi saya tiduran di dalam mobil, dan apabila saya ketiduran, ‘kan bahaya?! Akhirnya saya putuskan menelpon seorang teman untuk memberitahukan posisi dan kondisi saya saat itu. Last minute, saya sampai tidak mampu menyahuti telpon itu lagi. Blank!

Sekitar 5jam lebih saya berada dalam kondisi itu, dan saya berjuang untuk pulang ke Bekasi. Selidik punya selidik rupanya reaksi kopi terhadap perut kosong memang seperti itu, menurut seorang teman yang juga pernah mengalami hal yang sama. Tadinya saya hampir periksa ke dokter, kuatirnya sih keracunan makanan, tetapi karena informasi dari teman itu, urung deh :D

Jadi, saya putuskan saja untuk tidak pernah berhubungan lagi dengan kopi,  semanis apapun dia, sepekat apapun dia, better say NO, daripada mengalami peristiwa itu lagi. Hiiiyyy……

31 Comments

  1. Saleum,
    Wah… jika saya gak minum kopi satu hari saja, bisa dibayangkan dunia akan terasa panas sangat, :)
    saya gak bisa ON kalau gak minum kopi.
    saleum hahaha

    udah kayak dopping aja itu kopi yak? gpp lah, klo perutnya tahan, saya juga bakal jadi penikmat kopi kok.

    dmilano recently posted… » Jangan Takut- hadapi saja…

  2. wah serem juga. tapi saya sering kok perut kosong namun tetap mengopi, syukur sih gak terjadi yang nggak2, aman2 aja. mudah2an sih aman terus. tapi tar dihindari deh ah klo belom makan terus ngopi, hihi. mksih info nya ya :)

    mungkin tidak terjadi hal yang sama pada orang yang berbeda,
    klo selama ini aman terkendali, sok weh ngupi seblum makan nasi :D

  3. Hahaha, bisa saya maklumi ada yang gak mau minum kopi. Memang bagi sebagian orang kopi bikin dada berdebar dan menyebabkan sensasi yang gak biasa. :)
    Ada orang yang dengan minum kopi bisa merasa lebih semangat dan kuat. Entah apakah itu termasuk sugesti diri ato bukan.
    Ada juga orang yang minum kopi udah seperti minum jus buah, artinya gak memberi efek apa2 selain efek kafeinnya. :D Mau minum kopi malem sebelum tidur pun gak masalah, masih bisa tidur dengan pulas. Syukurlah saya masih belum masuk ke tahap ini. :lol:

    Kopi buat saya ada untuk dinikmati, bukan hanya diteguk biasa.
    niQue:

    percayaaaaaaaaaaaa dah
    yang abis beli french kiss eh press hahaha …

    Asop recently posted… » Foto Tulisan Bersambung

  4. waduh waduh, saya banget tuh, kalo dikantor ngopi pagi2 suka dalam keadaan perut kosong, belum masuk makanan, mateng deh!

    baiklaaah, mulai besok, saya makan dulu sebelum ngopi!
    *teteeep ngopiiii..* heheheh!

    niQue: iya bhi, mumpung blom ngalamin spt saya, jadi nikmatilah kopi setelah mengisi perut terlebih dulu :)

    si bhi recently posted… » Cheer Up!

  5. Bisa gitu ya ? serem amat ~.~”

    suka sih sama kopi, tapi jarang minum, masalahnya males buatnya :p

    niQue:

    jadi klo ada yg bikinin, bakal rajin minum kopi? :P

    Fenty recently posted… » Dosen nggremeng

  6. Haa Mba Niiique… sama nih dengan saya… kopi emang bikin lambung nggak karuan…

    Walau dulu pernah jd penggemarnya, harumnya yang wangi banget, tapi skrg nggak lagi… kapok…

    Tapi walau nggak kopi lagi, teh hijau mgkn bisa ngegantiin efek kopi kayaknya yah Mba… :-D

    niQue:
    beruntungnya dirimu,
    aku malah teh pun sudah dilarang huaaaaa………

  7. Setiap saya minum kopi sachet terus makan agak telat bakalan keluar keringat dingin deh. Tapi kalau kopi hitam biasa ga pa pa. Cuma sekarang saya hanya mau amannya saja. Minum Teh angat tawar atau plus sedikit gula….

    niQue: iyalah, minum teh tawar anget lebih aman, wlo untuk teh pun saya sudah di warning dokter :D

    ded recently posted… » AMBULANCE KUDA

  8. Hidup Teh Panas Manis …!

    (lha trainer asal komen inih..)

    salam saya

    niQue:

    hidup teh panas tawar! :D
    nh18 recently posted… » HANG

  9. *langsung lirik geram ke ayah Ghiya….
    Ayahnya Ghiya termasuk penggemar kopi hitam pekat, pahit lagii…pake gulanya dikit sih.

    aku baru tahu loh efek kopi bisa bikin orang jadi bleng gitu…untung ga langsung lapor ke kantor polisi yaaa…

    ebusettt ga usah sadis2 mba :D
    efek seperti itu tidak terjadi pada setiap orang kok
    buktinya kedai kopi terkenal itu masih laris :P
    klo slm ini suami fine2 aja ya berarti emg gpp hehehe

    Desri recently posted… » Mak- Ceritakan Padaku! Tentang Ikan Kepitek

  10. Haloo…

    Wah kalo saya pecandu kopi sejak SMP, perut kosongpun pasti diminum apalagi kalo ke customer pasti disughi kopi karena sudah pada tau tuh.
    Sempat stop *temporary, saat hamil dan 1th setelah tidak menyusui baru deh ngopi lagi…

    btw makasih sharenya, berlebihan memang tidak bagus efeknya apapun itu.

    niQue:

    bisa jadi memang saya yang terlalu sensitif sama kopi,
    jadi begitulah akibatnya :)

    NRifa recently posted… » Jerih Payahnya membuahkan Hasil

  11. Waah… masih suka ngopi (hampir) tiap pagi mba Niq, secangkir doang, dan bukan kopi item, yg light aja semacam n*scafe atau coffeem*x gituh he he :D

    niQue:

    klo tahan mah gpp
    sok weh, minum aja selagi bisa hehehe

    Orin recently posted… » Kartini dan Hari Bumi

  12. no coffee no spirit :D
    serius deh! jadinya tiap hari minum minimal 1 cangkir kopi, seandainya ga sayang ginjal mungkin saya bisa minum sampe bergelas-gelas kopi :D

    niQue:

    wah, coffeeholic yaaaa
    untung masih inget ginjal :P kebanyakan ‘kan udah punya penyakit aja masih ngotot ngombe kopi mba hehehe

  13. waaaaaaaahh ternyata gitu yah?
    saya juga pernah sih ngalamin kayak gitu, tp ga tau kalo ternyata reaksi kopi terhadap perut kosong begitu seremnya >.<

    niQue:

    serem dan bikin trauma, mungkin akan beda jika kejadian itu di rumah, berasa ada yang ngurusin,
    nah klo di jalan? kan perasaan udah mo dijemput aja tuh xixixi *lebay*

  14. weleh kok sampai segitunya ya? Aku sudah minum kopi dari usia 11 th. Tapi tahu diri, kalau memang sedang sakit perut atau tidak fit, stress/insomnia ya tidak minum koi. Baru saja bisa mengganti kopi dengan teh. Jadi kalau tidak ada kopi tetap bisa minum yang hangat.

    Dulu sering minum sekoteng waktu malam musim dingin, tapi sepertinya skr justru kena perutnya kalau minum sekoteng begitu. Jadi kalau malam minum sup panas saja

    EM

    niQue:

    tau tuh mba, kok bisa segitunya.
    sempat kepikiran apa saya keracunan makanan, maklum makan gratisan :D
    tapi pas minta dianterin temen ke dokter, eh katanya pasti gara2 kopi,
    coba dilihat satu malam klo emang parah baru ke dokter.
    ternyata besoknya saya gpp, jadi kesimpulannya emang kopi yang jadi biang kerok.

    klo saya sih sekarang klo mo anget2 ya paling air anget aja,
    malem2 bikin sup males juga hehehe

    Ikkyu_san recently posted… » Ensoku

  15. mbak, saya juga gak suka kopi lho
    daripada kulit saya jadi ikut2an berwarna kopi :D

    Salam persohiblogan

    niQue:
    haiyaahhh ….
    emang ada sejarahnya orang jadi berkulit gelap gara2 kopi? Weks ….

  16. hehehe… sekali2 boleh lah ;)

    niQue:

    waaaaaaaa………..ada ‘satpam’ yang mo minum kopi sekali2 di sini? :P

  17. weks.. bisa separah itu yah efek kopi.
    kebetulan aku gak begitu addict sama kopi, tapi seneng menemani orang minum kopi.
    jadi besok kalau kita ketemu, kita ketemuan di tempat jus-jusan ajah yah mbak…
    hahahahahaha

    niQue:

    ketemuan di kedai kopi juga gpp kok ais
    kan kita bisa pesan yang lain
    jadi kapan kita ngopi? eh ngejus? :D

    ais ariani recently posted… » huru hara di ruang karoke

  18. kopi memang membawa efek yang kurang bagus karena kafeinnya. bis amenganggu gigi dan memperlambat proses ngantuk! tapi saat hujan kopi sangat cocok sebagai penghangat tubuh loh!

    jangan sepenuhnya membenci kopi!

    niQue:

    ga benci kok :D
    cuma setiap ngeliat kopi tuh yang kebayang saat2 sekarang ituh
    jadi apa ya? parno bin trauma? Hehehe

    ello aristhosiyoga recently posted… » Lomba Menulis- Review Novel Curhat Sang Presiden

  19. wuihh..
    maag akut ya ?
    kalo maag sih emang gak boleh minum kopi,apalagi pas perut kosong..

    kalo saya, say no to no coffee..:D
    sehari bisa abis sampe 4-5 gelas..
    hihihi

    niQue:

    hebat euy, ga seteko sekalian? :P

  20. hmmm saya terkadang masih sering minum kopi, tapi gak sering2 sih…
    makasih ceritanya… mudahan saya bisa mengurangi mnum kopi

    niQue:

    klo kuat mah hajar aja :D
    ngapain dikurangin, kan enak m inum kopi hehehe

  21. waduh kok sampe parah begitu ya mbak? yang pasti kopi itu sifatnya asam kayanya, jadi yang maag emang gak boleh,… aku gak sampe begitu sih kalo minum kopi, cuma kalo abis minum kopi yang bubuk gt, yang asli pokoknya, pasti bener2 melek! sampe susah tidur! makanya minum kopi kalo emang niat begadang, kalo cuma iseng, kayanya jgn, ntar malah gak bisa tidur!

    niQue:

    g tau deh ada maag apa engga *ga mo ngaku maxude :D*

    tanpa kopi pun sanggup lek2an kok Prim, mo diadu? :P

    Prima recently posted… » Dialog dengan Atheist

  22. Saya juga gak pernah minum kopi beli sendiri, kecuali kalo ditraktir teman ke kedai kopi. Bukan minuman favorit. Emang gak terlalu cocok di lidah. :mrgreen:

    niQue:

    jiahhhh ada lagi hihihi klo ditraktir kaga nolak ya? emang sih rejeki ga boleh ditolak
    jadi kapan mo traktir saya di kedai kopi? :P

  23. gua juga prefer untuk gak minum kopi. baunya itu lho… hehe.
    ngomong ama orang yang abis ngopi juga males, abis napasnya jadi bau. hehe.

    niQue:

    hahaha gw mah dasarnya doyan Man,
    klo kaga sekarat waktu itu mah masih doyan kali gw
    cuma gara2 waktu itu ya tobat deh
    daripada ngerasain kyk gitu lagi, ogah :D

    emang napa orang abis minum kopi? abap nya mambu ya Man? :D

    arman recently posted… » Scream 4- USG 3D- Kupang Lontong- Easter Celebration- Kung Fu Panda 2

  24. alooww.. salam kenal
    thank you for leaving me a nice comment in my blog :)
    lokasi dimana nie ?

    it’s true we must be wise with anything that we take..
    but coffee? why not? as long as i’ve eat my daily supper hehehe…

    have a nice day XOXO

    niQue:

    ya ya … that’s my mistake,
    i didnt blame the coffee at all even I said to say NO to coffee.

    have a nice day too!

    yhosie recently posted… » Bike On My Table

  25. hihihih,,
    tossss deh mba,,, kita sahabatan,
    say no to coffee.. :D
    cukup sama si Teteh aja skarang (maksudnya Teh)

    niQue:

    eleuh eleuh … kirain teh maksudnya teh niQue,
    ga taunya si nteh toh maksudnya :P
    sok lah teh juga lumayan apalagi makan pedes2 minum teh hangat …. mangstab!!!

    Mabruri recently posted… » Kita tak mungkin bersama…

  26. Kopi memang tak boleh diminum dalam keadaan perut kosong.
    Dulu, saya penggemar kopi, karena bisa meningkatkan tekanan darah rendah. Belakangan, karena membuat perut mual, saya berpindah ke teh hangat. Musuhan kah dengan kopi? Jika perut telah cukup diisi, sebetulnya minum kopi tak masalah, namun hanya sesekali saja….

    niQue:

    jadi karena perut kosong penyebabnya ya bu? hmm …
    berarti boleh nyobain lagi nih :D
    tapi takut ah, ngebayangin rasanya sekarat seperti itu huhuhu

    edratna recently posted… » Sulitkah untuk membuat keputusan

  27. Salam Takzim
    saya setuju mengatakan no untuk kopi tapi kalau dihidangkan diair panas diaduk sama gula, saya tenggak juga *ngumpet takut ketauan niQue*
    Salam Takzim Batavusqu

    niQue:

    hahaha … gpp kok, minum aja, buat suami aja wlo sambil ngomel2 karena ingetin maag nya ya kadang2 tetep diseduhin juga kok :D
    Batavusqu recently posted… » Kartini-kartini masa kini stage 5

  28. pengalaman berharga.. :D

    niQue:

    bangeetttttt!!!!

  29. saya juga nggak suka kopi, teh manis aja deh.
    salam hangat, bangauputih ^_^

    niQue:

    teh maunya tanpa gula
    tapi sekarang malah ga boleh lagi minum teh :D
    cukup air mineral sajahhhhh

    bangauputih recently posted… » Untukmu Yang Bernama Wanita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

CommentLuv badge

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 32 other subscribers

Recent Posts

No thumbnail available

Aku Rapopo

June 9th, 2014

Dulu, ketika belum menikah saya masih senang dandan. Tak jarang full make up untuk momen yang tidak ...

No thumbnail available

Melarang Atau Membiarkan?

June 8th, 2014

Sudah hampir 2 bulan ada tugas rutin antar abang Reza dan adek Egi latihan renang. Jadi mulai deh me...

No thumbnail available

PLN Lagi

May 13th, 2014

Naiknya TDL membuat kami putar otak, bagaimana caranya agar masak nasi bisa menggunakan listrik deng...

No thumbnail available

Move On

May 12th, 2014

Kemarin 2 sahabatku datang berkunjung. Kebetulan suami sedang ada acara di Central Park sana, jadi k...

No thumbnail available

Antisipasi dan Berserah!

May 8th, 2014

Selama lima tahun punya usaha, kami piker kami seringkali menghadapi karyawan yang ulahnya sudah min...

Categories

%d bloggers like this: